Sabtu, 17 Oktober 2009

Mengenal Narkoba Lebih Dekat


BERHATI-HATILAH, penjual dan pengedar narkoba dapat mengelabui untuk menggunakan narkoba, tanpa disadari. Untuk memahami seperti apa narkoba, bagaimana bahaya dan dampak buruknya, beberapa pengetahuan yang perlu diketahui:

GANJA (marijuana, cimeng, gelek, hasis)
Bahaya dan dampak: sulit konsentrasi, gerakan lambat, gangguan persepsi dan berpikir, rendah keseimbangan, mudah marah, depresi dan paranoid, motivasi rendah dan susah dikendalikan. Gejala: mudah cemas, mudah murung, mudah tegang, dan mudah marah.

KOKAIN ( crack, daun koka, pasta koka)
Bahaya dan dampak: memacu detak jantung, perilaku agresif, gemetar, mudah tersinggung, pandangan kabur, halusinasi. Gejala: mudah marah, depresi, cemas, dan gelisah, jenuh, mudah muak, kehilangan gairah melakukan sesuatu.

ECSTASY (inex, cui iin, flash, dolar, flipper, hammer)
Bahaya dan dampak: sering mengatup rahang, gemetar yang berlebihan, kerusakan ginjal dan hati, kehilangan ingatan dalam jangka waktu lama, menggigil, berkeringat dan muntah, tidak mampu berpikir, melihat, dan menyelaraskan fungsi tubuh.
Kematian dapat terjadi karena gangguan pembuluh darah jantung, dehidrasi, dan pecahnya pembuluh darah otak. Gejala: cemas, depresi, ketakutan, sulit tidur, kehilangan akal sehat dan kesadaran.

HEROIN (white, smeek, junk, serbuk putih, medicine, ubat).
Bahaya dan dampak: detak jantung lemah dan sesak napas, kerusakan paru-paru, ginjal dan hati, dungu dan kelelahan, sulit konsentrasi dan sulit BAB. Gejala; sulti tidur, mata dan hidung berair, mudah marah dan gelisah, kram tubuh, menggigil dan berkeringat, diare dan muntah.

SHABU ( ice, ubas, methamphetamine)
Bahaya dan dampak: merusak hati, gangguan fungsi hati dan ginjal, perilaku abnormal dengan bergoyang-goyang, berhalusinasi. Gejala: kelelahan dan lapar, cemas, depersi dna marah, susah tidur. Overdosis dapat menyebabkan kematian karena pecahnya pembuluh darah di otak.

INHALANTS ( bahan yang dihisap seperti lem, solvent)
Bahaya dan dampak: keruskan permanen otak, hati, dan ginjal, senderung mengalami pendarahan pada hidung, memar, kehilangan ingatan sulit melihat sesuatu secara jelas, kram, nyeri, dan batuk parah. Gejala; pusing, gemetar, sulit tidur. Hirupan mendadak dapat menyebabkan kematian dengan serangan jantung dan pecahnya pembuluh darah di otak.

KETAMINE (Vit K, Kitkat K, Spesial K).
Bahaya dan dampak: tidak dapat bergerak, gangguan persepsi, pendengaran, penglihatan, penciuman, sentuhan dan rasa. Halusinasi. Gejala: sulit tidur, kejenuhan, depresi, marah dan sering menguap.

LYSERGIDE LSD ( Acid, trips, blotters, tabs, stamp, black sesame, seed, micro).
Bahaya dan dampak: memacu detak jantung, napas dan temperatur tubuh, mati rasa, gangguan penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan dan rasa. Gejala: panik, paranoid, halusinasi.

ERIMIN-5 (nimetazepam)
Bahaya dan dampak: hilangnya kesadaran, gangguan berpikir, sulit bicara, bergerak, ketidakselarasan fungsi tubuh. Gejala; cemas dan gelisah, sulit tidur, keringat berlebihan, kejang, kram perut, histeris. Overdosis menyebabkan susah bernapas dan mengakibatkan kematian. -ast

Sumber: Buku Saku Badan Narkotika Nasional

Dimuat di Koran Tokoh, Edisi 561, 11 Oktober 2009


3 komentar:

Erik mengatakan...

Makasih infonya ya.
Semoga dengan pengetahuan ini kita bisa lebih berhati hati.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

salam hangat!

NURA mengatakan...

salam sobat
wah terimakasih banget infonya
saya baru tahu macam2 narkoba ,,karena baca artikel sobat...
dulu tahunya cuma morfin dan shabu,dan ganja.,itu karena seringnya berita di TV.