Selasa, 15 Mei 2012

Sehat dengan Ginseng

Berkunjung ke Korea, tak lengkap jika tak datang ke National Ginseng Center, pusat informasi lengkap tentang perkembangan ginseng ke seluruh dunia, termasuk manfaatnya.  Anda tak perlu khawatir, karena pemandu di National Ginseng Center banyak yang mahir berbahasa Indonesia. Bahkan beberapa berasal dari Indonesia, salah satunya Heny yang sudah lama tinggal di Korea. Uang rupiah pun bisa diterima di sini, jika Anda tertarik berbelanja produk ginseng. Berikut penjelasan Heny kepada pemenang Caring Colour Korea to Fun yang berkunjung ke National Ginseng Center, Seoul (7/5).

Bentuk ginseng Korea bukanlah  seperti jahe namun,  seperti lelaki yang sedang duduk. Akarnya  dibagi dua, dari akar kecil yang digunakan untuk produk ginseng seperti teh, cokelat maupun permen. Fungsinya  hanya perasa dalam makanan karena kandungan  saponin-nya hanya 5 persen.  Suplemen ginseng terbuat dari akar kering.
Tanaman ginseng terdiri dari daun, bunga, dan akar. Hanya akarnya yang bisa dimakan. Setelah lahan dipilih, bibit ginseng ditanam di dataran rendah selama dua tahun. Setelah akar kuat ditarik ke luar dipindahkan ke lahan yang lebih  tinggi. Ini merupakan masa pemindahan.  Ketika pemindahan, ginseng harus dicek terlebih dahulu, apakah tahan ke tahun berikutnya. Rata-rata ginseng panen pada musim gugur. Tiap tahun ginseng perlu di-check up, saat musim panas dan gugur. Jadi, bukan hanya manusia yang perlu check up. Kalau bisa, dibiarkan bertahan  sampai  tahun ke enam di  musim gugur. Ginseng dengan usia 6 tahun merupakan ginseng kualitas  paling baik. Namun, jika tak bisa bertahan, ginseng bisa langsung dipanen. Setelah panen,  kualitas ginseng dibedakan beberapa grade heaven, heart,  good. 
Tahun pertama atau disebut bayi ginseng, muncul tiga  helai daun. Tahun kedua muncul 5 helai daun.  Di korea, tahun kedua ginseng biasanya digunakan untuk campuran makanan Korea sup ayam ginseng (samgyetang).  Tahun ketiga muncul  tangkai baru berubah menjadi buah  ginseng  Tahun keempat ada 4 tangkai warna merah. Tahun kelima ada 5 tangkai, tahun keenam ada 6 tangkai. Untuk mengetahui usia ginseng dapat dilihat  dari daunnya. 
Ada kontrol dari pemerintahan Korea, ginseng  hanya bisa diekpor  pada tahun keempat ke seluruh dunia termasuk Indonesia.  Ginseng ini digunakan suplemen, perawatan dan pencegahan penyakit seperti kanker, kencing manis, fungsi jantung, darah tinggi, pencernaan, stres, daya ingat, anak anak untuk pertumbuhan.  Ginseng untuk energi bukan sebagai obat kuat. Membantu kesuburan dan susah hamil.  Pria dan wanita bisa mengonsumsinya. Ginseng baik juga untuk imunisasi dan antiging.  Kosmetik di Korea rata-rata menggunakan  ginseng.    Artis dunia, Scorpion menggunakan ginseng untuk membantu pita suaranya.  Ginseng sudah digunakan sejak zaman dulu. Kaisar Cina yang membangun tembok Cina menemukan ada satu akar yang membantu hidup seseorang ditemukan di wilayah Korea, dibawa pulang ke Cina dan dikembangkan di Cina. Asal ginseng aslinya  dari Korea.

Tipe ginseng
Berasal dari bibit yang sama dari Korea, ginseng jika ditanam di daerah yag berbeda akan menghasilkan bentuk Ginseng yang berbeda. Ginseng Korea bentuknya tinggi ramping seperti manusia. Ginseng Cina bentuknya kecil pendek seperti jahe atau kencur hitam. Ginseng Jepang bentuknya melingkar. Bentuk menentukan  dimana mereka berasal.  Ginseng mangandung zat saponin. Makin tinggi saponin-nya, makin bagus untuk tubuh kita. Tapi rasanya makin pahit. Baunya sangat  khas. Ginseng Korea paling baik karena kandungan saponin paling tinggi.  Ginseng Jepang tidak digunakan untuk suplemen karena kandungan saponin-nya rendah. 
Ada dua macam bentuk ginseng yang berbeda.   Ada bentuk muncul seperti jenis kelaminnya Akar dibersihkan dengan  soju (minuman keras khas Korea). Namun, yang digunakan untuk membersihkan ginseng dan untuk minuman sehari-hari berbeda. Soju untuk membersihkan ginseng  mengandung alkohol 30 persen. Bentuk ginseng  berbeda-beda.  ada yang duduk, atau berpelukan. Kalau dibersihkan dan dipotong, ada dua kaki, menyerupai seperti manusia.  Ada beberapa kaki, namun, hanya dua  yang digunakan.
Ginseng Korea yang belum masak, berwarna keputihan. Kemudian di-steam sehingga berwarna cokelat kemerahan.  Inilah yang diekspor keluar.  Di Indonesia dikenal dalam bentuk kolesom. Karena belum matang tidak semua orang cocok dengan ginseng jenis ini. Jadi penggunaannya harus  kosultasi dengan sinshe. Biasanya,  setelah matang muncul otomatis dua warna. Secara alami muncul kulit kuning.  Saat dipotong muncul daging kemerahan seperti bendera Korea. Ginseng model ini  aman dikonsumsi semua lapisan, baik anak-anak,  tua muda dalam berbagai musim.
Jika Anda tak bisa berbahasa Korea, tak perlu khawatir. Ketika membeli ginseng, lihat kotak ginsengnya. Cari angka 6 atau bendera Korea, atau cari saja saja huruf Mandarin atau huruf Korea  seperti dua T. Itulah kualitas ginseng terbaik asli dari Korea.

Jenis ginseng
•    Akar kering ginseng tradisional  direndam dengan arak.  Penggunaaannya, rebus dengan  air. Fungsinya,   mengembalikan tubuh kita setelah operasi. Cukup diminum 1 atau 2 kali dalam sebulan. Akar dapat disimpan di kulkas.
•    Akar ginseng alami direndam dengan madu. Bentuknya seperti jenang.  Fungsinya,  untuk daya ingat, stres, pikun, sakit kepala, dan keseimbangan hormon,
•    Ginseng ektra paling populer. Bentuknya seperti kecap manis. Fungsinya, membantu sirkukasi darah kencing manis, asam urat, dan rematik. Karena fungsinya untuk  organ dalam tubuh cocok untuk orang dewasa dan orangtua. Satu sendok makan langsung, campur ke dalam air hangat. Boleh dicampur madu murni.
•    Ada juga kapsul ginseng. Fungsi sama dengan ginseng ekstra.
•    Ginseng bubuk, paling terkenal di Asia Tenggara terutama Indonesia. Fungsinya, membantu pernapasan, asma, sinusitis, baik bagi perokok, sariawan, dan melindungi mata. Terlalu lama di ruangan ber-AC, membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak. Cara minum; 1 sampai dua sendok, anak anak setengah, dicampur di minuman. Tapi ingat, jangan dimasukkan ke dalam minuman mengandung cafeein seperti kopi atau teh karena akan menghilangkan kandungan saponin-nya.
•    Bubuk ginseng punya rahasia lain. Bisa dicampurkan ke masker wajah ditambahkan dengan yogurt atau krem malam. Penggunaan teratur untuk kulit sensitif, dan  anti penuaan dini. Produk internasional kosmetik sudah menggunakan bubuk ginseng walaupun  hanya 3 persen. –wirati astiti
Koran Tokoh, Edisi 693, 7 s.d. 12 mei 2012

7 komentar:

Zio Abdillah mengatakan...

Mas saya di kasih gingseng sekitar thun 2004 dri teman saya yang baru pulang dari korea katanya sih di jamin asli dari korea tpi di rendam dengan alkohol, skrang udah 12 thun di simpan trus tpi blom pernah di dimum, kira kira klo saya minum sedikit apa ada efek samping nya?? Thanks

Zio Abdillah mengatakan...

Mas saya di kasih gingseng sekitar thun 2004 dri teman saya yang baru pulang dari korea katanya sih di jamin asli dari korea tpi di rendam dengan alkohol, skrang udah 12 thun di simpan trus tpi blom pernah di dimum, kira kira klo saya minum sedikit apa ada efek samping nya?? Thanks

Dikyu Chan mengatakan...

Insyaallah gpp tu makin lama makin katanya tp cucibersih dolo sblm komsumsi ya

Dikyu Chan mengatakan...

Insyaallah gpp tu makin lama makin katanya tp cucibersih dolo sblm komsumsi ya

Dikyu Chan mengatakan...

Insyaallah gpp tu makin lama makin katanya tp cucibersih dolo sblm komsumsi ya

Unknown mengatakan...

selai di rendam dalam minumah beralkohol bisa direndam pakai apa aja gingseng, agar yg tidak suka alkohol juga bisa minum

Unknown mengatakan...

selai di rendam dalam minumah beralkohol bisa direndam pakai apa aja gingseng, agar yg tidak suka alkohol juga bisa minum