Jumat, 04 Juli 2008

Mengisi Liburan Sekolah

MASA liburan sekolah merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Tubuh dan pikiran mereka perlu penyegaran kembali setelah sekian lama menjalani kegiatan rutinnya sehari-hari. Adanya aktivitas liburan yang efektif membuat anak-anak terhindar dari kejenuhan dan penurunan semangat belajar saat kembali menjalani tugas rutinnya. Menurut Titik Wahyahni, S.Pd, Kepala SMPN 7 Denpasar, beberapa kiat yang dapat dilakukan mengisi waktu liburan sekolah adalah:
Kegiatan liburan yang dipilih harus dapat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak.
  1. Bila orangtua tidak memiliki waktu yang cukup bersama anak akibat kesibukan kerjanya, maka sebaiknya orangtua tetap mencoba meluangkan waktu menjalin kedekatan dengan anak. Misalnya pada malam hari menonton TV bersama dan membahas acara –acara yang menarik. Anak belajar berdiskusi dan mendekatkan jalinan kasih orangtua dan anak.
  2. Orangtua juga dapat mengajak anak-anaknya ikut membantunya memasak di dapur, seperti mencoba resep masakan sederhana atau membuat kue.
  3. Kegiatan yang melatih kemampuan anak bersosialisasi. Jika memiliki kampung, berikan kesempatan anak-anak berkunjung ke rumah sanak saudara, atau menginap di rumah nenek. Anak-anak dapat merasakan suasana pedesaan melihat sawah, belajar menanam padi, atau beternak. Anak-anak belajar berinteraksi dan lebih mengenal desanya. Dapat juga dipilih kemping bersama teman-temannya untuk pengembangan pribadi dan bersosialisasi.
  4. Kegiatan yang menambah wawasan pengetahuan anak seperti ke perpustakaan umum, dan kursus bahasa asing. Anak-anak sebaiknya selalu membawa buku kemanapun mereka pergi. Membuat catatan perjalanan selama liburan, mengisi diari, dan membaca komik juga menggali imajinasi anak.
  5. Jika rumah mereka dekat dengan sekolah mereka bisa datang ke sekolah untuk membaca di perpustakaan maupun menyalurkan hobinya bermain badminton, tenis meja, atau yang lainnya.
  6. Kegiatan lain yang menunjang perkembangan fisik dan keterampilan anak, seperti berenang, jalan pagi, basket, bola voli, karate, menari, musik, sastra. –ast

6 komentar:

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Kalo di daerah sini,anak2 sekolah biasanya main bola atau apa saja yg gak ada hubungannya dg perangkat elektronik.Soalnya di sini kan listrik cuma nyala pas malam hari aja..hihi..

JoVie mengatakan...

wah keren banget tipsnya..tapi kalo nonton TV sama ortu kayaknya mendingan kurangin deh...

lebih baik nyari mainan yang membantu daya pikir anak, kayak puzzle misalnya...

pesisir-kidul mengatakan...

wah bermanfaat banger nie kiat-kiat mengisi liburannya..

salam kenal ya. btw, kl leh tau jurnalist media apa mbak??

Fery Corly mengatakan...

paling enak pas liburan jalan-jalan, tapi pas ngelakoni eehh gak taunya ramenya minta ampuunn..

acy mengatakan...

selama liburan, acy dan dan adik2 sering berkumpul buat curhat and sharing2 gitu, teletubies berpelukan :)

sekolah kesehatan mengatakan...

Nonton bersama untuk mengisi liburan bener2 bagus, apalagi channelnya tentang Discovery... lebih mendidik dan berijaminasi untuk anak2