Sabtu, 23 Januari 2010

Tips kesejahteraan Hewan

HEWAN dikatakan sejahtera apabila kebutuhan hidupnya yang paling mendasar telah terpenuhi.
Ada 5 kebebasan untuk hewan ( five freedom for animal) yang meliputi :

  1. 1. Bebas dari rasa haus dan lapar. Hewan yang kita pelihara harus diberikan makan sesuai jenis dan kebutuhan hidupnya. Air minum selalu tersedia dan dapat diraih tiap saat oleh hewan.
  2. 2. Bebas dari rasa tidak nyaman. Hewan diperlakukan dengan baik, misalnya: kandang tidak terlalu sempit, alas kandang tidak kasar, hewan terlindung dari panas dan hujan.
  3. 3. Bebas dari rasa sakit, luka, dan penyakit. Pemilik hewan harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya. Apabila hewan peliharaan sakit atau luka segera bawa ke dokter hewan. Pencegahan penyakit dengan jalan vaksinasi penting dilakukan.
  4. 4. Bebas menampilkan perilaku alamiahnya. Hewan tidak boleh dikekang atau diikat dengan rantai pendek yang menyengsarakan hewan. Anjing yang dipelihara dengan dirantai atau dikandangkan juga harus disempatkan diajak berjalan-jalan. Jika tidak pernah bersosialisasi dengan lingkungannya, anjing kecenderungan menjadi galak.
  5. 5.Bebas dari rasa stres dan tertekan. Hewan harus diperlakukan secara manusiawi, tidak kasar, dan tidak kejam. Contohnya, tidak mengandangkan kucing bersebelahan dengan kandang anjing. –ast
Sumber:
drh. I Wayan Mudiarta
Yayasan Yudisthira Swarga

Tidak ada komentar: