Rabu, 13 Oktober 2010

Gencarkan Produksi Ikan Tawar Tabanan

Bangun Pasar Ikan di Bajera.
TABANAN memunyai potensi untuk budi daya ikan tawar. Dengan kepemilikan sawah sekitar 25.000 hektare, lahan sekitar 12.000 hektare dapat dimanfaatkan budi daya ikan air tawar. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kab. Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, M.M.

Saat ini, kata dia, perbandingan produksi ikan tawar dengan ikan laut sekitar 600 ton ikan tawar dan 400 ton ikan laut dalam setahun. Ke depan, ia berharap, produksi ikan tawar dapat terus ditingkatkan menjadi 4.700 ton dalam waktu lima tahun. Sedangkan ikan laut, tidak lagi ditingkatkan karena sudah berlimpah. Untuk itu, kata dia, beberapa kiat sedang digencarkan untuk membudidayakan ikan tawar yakni dengan memperbanyak kolam di masyarakat. Targetnya sampai tahun 2012 sebanyak 200 hektare kolam ikan tawar. “Sekarang masih 50 hektare kolam ikan tawar tersebar di semua kecamatan di Tabanan,” katanya. Kiat lainnya, dengan meningkatkan teknologi dan penebaran benih berkualitas. “Yang dulunya satu are mampu menghasilkan dua kuintal ikan, bisa ditingkatkan menjadi lima kuintal,” jelasnya. Rehabilitasi kolam yang sudah ada juga digencarkan termasuk pemberian bantuan modal. Untuk lebih memasyarakatkan ikan, akhir tahun 2010 akan segera dibangun pasar ikan di Desa Bajera. –ast

1 komentar:

yos mengatakan...

wah, menarik jg nih. kebetulan saya jg lg coba2 budidaya ikan air tawar, ikan haruan. mudah2an bisa lebih memotivasi saya :)