Sabtu, 25 Juni 2011

Makan Durian Cukup 3 Biji

SEBAGIAN orang takut makan durian karena kadar kolesterolnya yang tinggi. Walau pun terkenal dengan rasanya yang lezat, sebagian orang malah tak tahan aromanya yang khas yang dapat memicu rasa mual dan muntah. Sementara, sebagian orang, malah memburu buah yang hanya tersedia musiman ini karena jarang dapat menikmatinya. Namun, tahukah Anda, jika dimakan secukupnya, durian tidak akan menimbulkan penyakit. “Durian paling banyak mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Tak cuma itu, zat-zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc dan besi juga ada di dalamnya,” papar Ahli Gizi Poltekkes Denpasar Ida Ayu Eka Padmiari, S.K.M, M.Kes.

Walaupun mengandung gizi, ia menyarankan, sebaiknya mengonsumsi durian maksimal 100 gram perhari atau setara dengan 3-4 biji durian. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang diperoleh. “Setiap 100 gram mengandung 67 gram air, 28,3 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, 2,5 gram protein, 1,4 gram serat. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor,” ujarnya.
Ia mengatakan, dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Artinya, ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari. Karena kalorinya yang tinggi ini, kata dia, buah durian bersifat panas. Kandungan senyawa afrosidiak pada durian hampir sama dengan senyawa pada nangka karena senyawa tersebut memunyai ikatan atom karbon yang banyak sehingga panas yang dihasilkan oleh metabolisme karbon juga tinggi. Pasien diabetes, ibu hamil, dan penderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian.
Namun, sebagian orang mengatakan, tidak akan terjadi efek yang buruk bagi kesehatan jika setelah makan durian minum air dengan kulit durian.
Menurut Ida Ayu Eka Padmiari, anggapan itu hanya mitos. “Secara ilmiah tidak ada hubungannya tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jika minum dengan kulit durian. Yang benar setelah makan durian harus minum air putih secukupnya. Kebetulan saja minum airnya dengan kulit durian, tapi yang jelas tidak ada hubungannya,” jelasnya.
Dikutip dari Healthmad, dengan makan durian yang cukup, beberapa penyakit dapat teratasi seperti mengatasi sembelit karena banyak mengandung serat, dan mengatasi anemia karena mengandung folat atau Vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

Selain itu, dapat menjaga kesehatan kulit karena mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan antipenuaan, mengandung banyak potasium atau kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang dan persendian. Menjaga nafsu makan karena banyak mengandung thiamin atau Vitamin B1. Mengatasi migrain karena mengandung senyawa riboflavin atau Vitamin B2. Meredakan stres dan mengatasi depresi karena mengandung Vitamin B6 atau piridoksin. Menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mengandung posphor.
Selain itu, durian juga mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi, dan mengobati insomnia. Makan durian juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.
Namun, perlu diwaspadai bagi siapa saja, gangguan pada tubuh akan muncul apabila makan durian lebih dari takaran normal 100 gram. “Lonjakan energi yang mendadak pada tubuh sehingga mengakibatkan kenaikan tekanan darah yang tiba-tiba, kenaikan kadar glukosa dalam darah secara mendadak sehingga akan mengakibatkan kerja jantung pun mendadak meningkat. Hal ini sangat membahayakan bagi orang yang mengalami hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung,” paparnya. –ast

Tips Makan Durian:
Agar tidak menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan, jika ingin makan durian beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Konsumsilah durian dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kesehatan masing-masing.
2. Hindari makan durian dalam keadaan perut kosong. Makanlah durian setelah makan siang.
3. Hindari makan durian dengan menambah dengan makanan yang mengandung gula, karena akan meningkatkan kadar gulanya dan meningkatkan energi.
4. Segeralah minum air putih sedcukupnya setelah makan durian.

Koran Tokoh, Edisi 646, 5 Juni2 011

Tidak ada komentar: