Rabu, 15 Februari 2012

Usir Stres dengan Aromaterapi

Banyak cara untuk menghilangkan stres dan membuat tubuh santai serta nyaman. Aromaterapi salah satu cara yang kini makin digemari. Menurut pakar herbal Made Yuliani Sukhana, aromaterapi merupakan penyembuhan yang melibatkan pemakaian minyak asiri murni yang disuling dari berbagai tumbuhan bunga-bungaan, daun-daunan, akar-akaran, dan kayu-kayuan khas Indonesia.
Ia mengatakan zaman dulu para leluhur sudah mengenal aromaterapi. Mereka menyebutnya dengan istilah boreh. “Ada boreh miik, anget, dan tis. Boreh mik menggunakan sarana bunga melati, jempiring, cempaka, kayu cendana, temu giring. Boreh anget menggunakan jahe, pala, merica, mesui, bangle, cengkih. Boreh tis menggunakan bengkuang, bongol biu, atau mentimun. Biasanya boreh tis digunakan saat para petani selesai panen. Mereka gunakan untuk membalur tubuhnya agar terasa enteng,” paparnya.

Pemilik Bali Tangi Aromatic & Traditional Spa ini menyebutkan, ada beberapa cara pengobatan aromaterapi; menghirup atau penguapan minyak asiri, pemijatan, dan rendaman. “Menghirup dapat dilakukan dengan menguapkan air yang telah ditetesi minyak asiri dengan menggunakan tungu pemanas atau langsung menggunakan air panas dalam wadah. Minyak asiri juga dapat diteteskan di sapu tangan, bantal, atau pakaian. Dapat pula digantungkan di AC,” ujar Runner Up I Ibu Teladan Bali 2011 ini.
Aromaterapi dengan pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan massage oil atau bahan sikat (scrub) yang dibuat dari biji-bijian, bunga, akar-akaran dan kayu-kayuan. Istri Wayan Sukhana ini mengatakan, pemijatan dapat menggunakan bermacam-macam minyak sesuai dengan kondisi dan jenis kulit. Namun, menurutnya, minyak kelapa memang paling baik.

Pijat aromaterapi memiliki dua fungsi, yakni fungsi fisik dan psikologis. Fungsi fisik melalui pijat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen ke otak, sehingga kulit tubuh dan wajah akan kelihatan segar dan tidak terlihat lesu. Tak hanya itu, jalan pernapasan juga bisa menjadi lebih lancar, tubuh terasa segar dan merilekskan otot-otot yang tegang. Fungsi psikologis, pijat aromaterapi dapat membantu menenangkan tubuh, menghilangkan stres dan membuat pikiran kembali segar. Wangi dari minyak esensial aromaterapi juga mampu mengembalikan kesegaran pikiran dan menstabilkan emosi jiwa.
Rendaman atau kompres dapat dilakukan dengan menggunakan batl oil, yakni minyak asiri dilarutkan dalam air mandi rempah-rempah direbus untuk berendam. Bisa juga menggunakan garam yang telah beraroma asiri.

Dupa Aromaterapi
Aromaterapi berfungsi untuk membantu mendapatkan kesehatan fisik dan mental. Aromaterapi dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti masuk angin, flu, kecapekan, keseleo. Untuk penyembuhan psikis, seperti menghilangkan stres, depresi, memberi rasa tenang, rileks, nyaman, segar, percaya diri. Aromaterapi juga sangat membantu kecantikan membuat tubuh segar dan awet muda.
Ia mencontohkan, satu aromaterapi dengan minyak asiri bagi penderita alergi dingin. Teteskan peppermint dan eucalyptus masing-masing tiga tetes ke dalam satu wadah kecil yang berisi air hangat. Kemudian panaskan. Setelah mendidih, hirup uapnya untuk melegakan pernapasan. Aromaterapi ini baik ditaruh di tempat tidur. Membuat tidur lelap dan nyenyak tanpa gangguan mampetnya jalan pernapasan.
Selain menggunakan minyak asiri, dupa dapat juga digunakan sebagai sarana aromaterapi. Bali Tangi menciptakan satu dupa dengan panjang 22 cm, yang mampu bertahan 15-20 menit. Dupa ini tidak mengeluarkan asap sehingga aman bagi penderita asma. Bau dupa yang terbakar mengeluarkan aromaterapi yang memberi banyak manfaat bagi orang yang berada di sekitarnya. –ast

Koran Tokoh, Edisi 680, 6 sd.12 Februari 2012

2 komentar:

dede mengatakan...

i like post!!!
:)

wirati mengatakan...

wah keren.....