Rabu, 27 Agustus 2008

Kiat Sukses Membuat Website

Penggunaan internet sebagai media teknologi informasi sangat menunjang usaha bisnis. Dengan membuat website banyak manfaat yang didapat seperti meningkatkan posisi image perusahaan, meng-onlinekan usaha Anda, siap melakukan transaksi online, meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, dan mendapatkan pelanggan baru.

Menurut Herman Susilo, S.T. dari Aditya Internet Marketing Centre, setelah mengetahui fungsi dari website, langkah selanjutnya memperhatikan potensi dari pasar internet seperti :

  1. Temukan pasar sebelum menciptakan produk dan kerumunan pasar yang potensial
  2. Fokus pada pasar yang spesifik
  3. Memperhatikan kompetitor yang ada

Untuk mengetahui riset pasar kita dapat menggunakan salah satu web keyword tool dari google, yang dapat diakses di https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Beberapa peluang yang dapat dipertimbangkan untuk dijual pada website adalah :

  1. Membuat dan menjual produk informasi (buku elektronik/Ebook, software, artikel, audio dan video tutorial)
  2. Menjual space iklan
  3. Network marketing
  4. Jasa (konsultan, pengacara dan jasa pembuatan website)
  5. Menjual produk nyata (kerajinan, properti, hotel, villa, travel, dan lain-lain)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website adalah :

  1. Jenis website yang akan dipakai, apakah statis atau dinamis. Kalau statis, program apa yang sebaiknya digunakan, misal dreamweaver dan frontpage. Kelebihan website statis adalah mudah untuk dioptimasi sehingga mendapatkan posisi yang bagus di search engine. Kalau dinamis, script apa yang akan digunakan, misalnya joomla, oscommerce, zen cart dan script ecommerce lainnya. Kelebihan dari website dinamis adalah mudah untuk pembuatannya, dan hanya hitungan jam sudah jadi, tinggal kita memasukkan produk yang dimiliki.
  2. Dalam website yang dijual adalah “Gambar” maka sebaiknya perhatikan gambar yang ditampilkan. Perusahaan besar akan tampak seperti perusahaan kecil jika gambar yang ditampilkan kurang bagus. Begitu juga sebaliknya. Perusahaan yang kecil akan terlihat besar jika secara profesional menampilkan gambar yang bagus.
  3. Selain gambar, teks juga sangat berpengaruh dalam berhasil tidaknya sebuah website. Kalau kesulitan membuat teks pada website maka ada cara efektif yang bisa dipakai, yaitu ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) website yang menduduki posisi tiga besar di search engine.
  4. Agar website bisa menjual, maka kita harus memberikan kepercayaan kepada pengunjung, misalnya produk yang dijual bagus, waktu pengiriman tepat waktu, transaksi yang aman dan quality control yang bagus.
  5. Blog juga dapat dijadikan alternatif website karena pembuatannya mudah seperti wordpress ataupun blogspot. Setelah website jadi maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan web tersebut, bisa melalui SEO ( Search Engine Optimization) ataupun SEM (Search Engine Marketing). –ast.
(Sudah dimuat di Koran Tokoh Edisi 502, 24 Agustus 2008)

1 komentar:

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Blogku tak desain untuk nyari jodoh wir..hehe..Kalo untuk bisnis kayaknya aku kuq gak bakat ya..Lagian aku jg jarang update..Biasalah,banyak kesibukan. :p