Senin, 05 Maret 2012

Menjaga Mata tetap Sehat

Mata merupakan jendela hati. Mata sehat adalah mata yang tidak sakit sehingga dapat memberikan tajam penglihatan yang optimal. Namun, masih banyak orang yang menganggap sepele urusan menjaga kesehatan mata. Beberapa orangtua membiarkan anak-anak mereka terpapar berlama-lama dengan komputer karena keasyikan main game. Padahal, urusan mengobati penyakit mata, lebih susah dibandingkan mencegahnya.

Staf Bagian Ilmu Kesehatan Mata FK Unud/RSUP Sanglah Denpasar dr. Putu Yuliawati, Sp.M mengatakan, anak-anak yang sudah terbiasa berlama-lama di depan komputer atau play station seringkali mengalami kelelahan mata. Selain itu, leher dan punggung akan mengalami sakit karena posisi duduk yang kurang benar. “Saat mata melihat dekat akan terjadi proses akomodasi mata. Artinya, proses mencembung dan memipihnya lensa mata oleh otot siliaris mata. Apabila akomodasi ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan kelelahan mata, rabun dekat dan jauh,” jelasnya.

Ia menyebutkan, gangguan mata dapat disebabkan infeksi dan noninfeksi. Gangguan mata dapat menyebabkan penurunan tajam penglihatan atau penglihatan tetap normal. Penurunan tajam penglihatan dapat terjadi secara mendadak atau perlahan-lahan di mata merah. Gangguan mata juga dapat terjadi di mata tenang dengan penurunan penglihatan yang terjadi perlahan lahan atau menurun mendadak.
Contohnya, mata tenang dengan penglihatan kabur perlahan lahan seperti katarak, kelainan retina akibat hipertensi dan diabetes militus, glaukoma kronik.
Mata tenang dengan penglihatan kabur mendadak seperti, saraf mata lepas. Mata merah dengan penglihatan normal : atau konjungtivitis. Mata merah dengan penglihatan kabur perlahan lahan seperti skleritis, uveitis. Mata merah dengan penglihatan kabur mendadak seperti glaukoma kongestif akut. Penyebab infeksi dapat disebabkan bakteri, virus, jamur, dan alergi. Penyebab noninfeksi karena trauma mata, proses degeneratif, kelainan metabolisme, dan tumor (keganasan).

Dokter Yuliawati memberi tips penanggulangan pertama jika terjadi gangguan pada mata. Jika terkena bahan kimia, segera cuci mata dengan air mengalir sampai bersih untuk mengurangi konsentrasi agent kimia kontak dengan permukaan mata. Jika penyebabnya bukan bahan kimia segera konsultasi dengan dokter mata agar mendapat solusi penanganan yang tepat.
Jika menonton televisi, ia menganjurkan jarak yang baik, 5 kali diagonal layar. Jarak ideal ini dapat dihitung sendiri dengan cara: diagonal layar (jarak ujung layar kiri atas ke ujung layar kanan bawah) dikali 5 dikali 0,0254 m (1 inch = 0,0254 meter). –ast

Tips bagi pekerja yang tiap hari berhadapan dengan komputer:
• Menggunakan filter layar komputer untuk mengurangi radiasi
• Menggunakan layar komputer yang radiasinya rendah.
• Mengatur jarak pandang mata dengan monitor komputer. Idealnya jarak pandang mata dengan monitor adalah 50-70 cm.
• Sesuaikan posisi monitor dengan mata, jangan terlalu tinggi dan rendah karena berpengaruh kepada leher. Idealnya posisi monitor lebih rendah dari pandangan mata yaitu bagian tengah monitor berada 10-25 cm di bawah mata.
• Sesuaikan pencahayaan monitor dan ruangan dengan intensitas kenyamanan mata. Jangan menggunakan cahaya yang terlalu terang dan redup karena membuat mata cepat lelah. Posisi cahaya yang berada di atas kepala atau jendela tidak berada di sekitar meja kerja, tidak membelakangi karena timbul bayangan di monitor, dan tidak di depan mata karena akan silau.
• Istirahatkan mata sejenak untuk mengendurkan otot-otot mata, memandang tanaman hijau atau birunya langit.
• Sering mengedipkan mata, jika mata terbuka terlalu lama karena konsentrasi di depan komputer menyebabkan mata cepat kering. Mata kering akan cepat iritasi, dan iritasi mata membuat mata terasa sepat dan perih.
• Konsumsi vitamin mata yang mengandung : beta karoten, bilberry, lutein, astaxantin, zeasantin.
• Segera periksa ke dokter mata bila terjadi gangguan mata.

Tips menjaga agar mata tetap sehat:
• Jalani gaya hidup sehat dan konsumsi vitamin mata.
• Beraktivitas dekat jangan terlalu lama karena menyebabkan kelelahan mata.
• Menonton televisi, main video game, bekerja di depan komputer jangan terlalu dekat, perhatikan jarak ideal yang sudah ditetapkan.
• Membaca buku dengan jarak minimal 30 cm, dengan posisi duduk dan pencahayaan ruangan yang optimal.
• Jauhi asap rokok, polusi dan debu.
• Aktivitas di luar rumah saat terik matahari pergunakan kacamata hitam.
• Makanan yang harus dimakan agar mata sehat, makanan bergizi seimbang. Mengonsumsi buah buahan dan sayuran yang kaya vitamin A, C, dan E seperti: pepaya, tomat, wortel, alpukat, brokoli. –ast

Koran Tokoh, Edisi 683, 5 s.d 11 Maret 2012

Tidak ada komentar: