Kamis, 04 September 2008

Pencegahan Virus di Komputer


Pertumbuhan dan perkembangan virus komputer tidak lagi terjadi setiap bulan. Waspadalah, saat ini hampir setiap jam ada kemungkinan bertambahnya virus baru. Menurut I Putu Sundika, S.T., Pengajar Komputer di LPBA Denpasar beberapa langkah awal perlu dilakukan untuk pertahanan komputer yakni:

  1. Jika Anda tidak mempunyai kesempatan melakuan update sesuai jadwal, pastikan saja komputer Anda tidak berhubungan dengan dunia luar sebelum itu seperti flashdisk, disket, CDROM.
  2. Pastikan Anda melakukan instalasi sistem operasi dari keping cakram yang bebas virus. Sebaiknya hindari melakukan quick format pada saat instalasi pertama kali, gunakan full format. Jika Anda menggunakan sistem operasi microsoft windows® gunakan software asli. Harganya sepadan dengan dukungan yang bisa kita dapatkan jika terjadi masalah dikemudian hari.
  3. Jika menggunakan sistem operasi Linux, pastikan memilih distro yang paling banyak support-nya seperti Ubuntu, Fedora dan Mandriva.
  4. Setelah menyelesaikan semua instalasi driver yang dibutuhkan , lakukan back up. Restore kembali hasil back up ini begitu komputer Anda terinfeksi virus. Cara ini sangat efektif untuk mengembalikan kondisi komputer pada saat sebelum terkena virus. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk proses back up ini seperti misalnya keluaran Norton dan Acronis. Simpanlah hasil back up ini ke dalam sebuah keping cakram kosong, dan burn kemudian finalize.
  5. Sebelum menggunakan software, pasang program AntiVirus. Semua jenis program AntiVirus hampir sama jeleknya jika tidak pernah di update definition-nya. Selalu lakukan update pengetahuan program AntiVirus Anda. Sesuaikan dengan jadwal yang direkomendasi dari AntiVirus Anda.
  6. Jika Anda selalu terhubung dengan internet, jangan pernah mematikan jendela informasi update di AntiVirus Anda karena akan kehilangan pemberitahuan adanya update terbaru dari AntiVirus Anda. Ada banyak program AntiVirus yang gratis di Internet untuk keperluan pribadi seperti AVG, AntiVir dan buatan negeri sendiri yaitu PCMAV.
  7. Saat ini hampir semua program AntiVirus sudah menyertakan kemampuan untuk menjaga komputer dari ancaman virus dari email dan spyware. Jika tidak, sebaiknya Anda memasang Spyware protector juga.
  8. Jika Anda biasa melakukan chatting dengan Yahoo Messenger atau sejenisnya, berhati-hatilah melakukan voice chat atau transfer file. Berlama-lama melakukan voice chat atau transfer file dapat membuat lokasi Anda menjadi betul-betul terlacak. Saat ini sudah ada sebuah virus yang disisipkan via chatting dan dapat dikirim via remote komputer Anda dari jarak jauh. -ast

( Sudah dimuat di Koran Tokoh, Edisi 503, 31 Agustus 2008)

4 komentar:

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Iya nih wir..Komputer di puskesmas tempat aku kerja dah berulang kali terjangkit virus..Akibatnya,beberapa data hilang tanpa jejak!Gak pernah update antivirus sih..

paddi mengatakan...

malah komputerku,sejak oline bulan lalu,sudah 4 kali kuformat,soalnya virus datangnya hampir tiap jam dan membuat performa komputer jadi down,sungguh berhati busuk orang yang menyebar virus ya Mbak...

Andi mengatakan...

Hello..salam kenal :)
Komentar dikit boleh ya? :)
1. Sepertinya tidak semua yang dibicarakan di sini untuk MENCEGAH virus. Sebaiknya judulnya jadi menangani virus :)

2. Linux bisa kena virus juga ya?

Anyway, informasi yang bagus. Thanks.

Ani mengatakan...

Waduuuh...aku tahunya pakai kompie doang, hal2 di luar itu nggak ngertiii