Senin, 08 September 2008

Tips Memotret Lebih Menarik

FOTO potret yang menarik bukanlah sesuatu yang muncul secara otomatis. Jika kita membidik foto model yang sudah berpengalaman mungkin tidak banyak kesulitan. Masalahnya, kita lebih banyak bertemu dengan orang awam yang canggung menghadapi kamera. Menurut Fotografer Profesional Makarios Soekojo, untuk mendapatkan bidikan potret yang wajar (alami) dan cantik memerlukan pendekatan pribadi, yakni bagaimana berkenalan dan bersahabat dengan subyek.

Setiap membidik subyek, perhatikan daya tarik yang dapat ditangkap dari subyek tersebut, karena daya tarik inilah yang akan muncul sebagai kekuatan penampilan gambar.

Penulis buku Fotografi Digital Artistik ini mengatakan berbagai daya tarik dapat memberikan kekuatan penampilan gambar. Subyek yang direkam tanpa memperhatikan daya tarik akan tampil sebagai gambar hambar yang cepat membosankan.

Daya tarik foto potret seperti :

  1. Ekspresi atau aksi (gaya). Kita harus mampu menangkap ekspresi atau aksi yang menarik.
  2. Cantik; Tanpa ekspresipun kecantikan sudah merupakan daya tarik tersendiri.
  3. Unik; Seseorang yang memakai pakaian daerah akan menjadi menarik karena tampilan unik dari busana itu sendiri.
  4. Warna dominan atau warna-warni itu sendiri sudah menjadi kekuatan untuk menarik perhatian

Ia mengatakan untuk mendapatkan foto anak yang menarik memerlukan kesabaran ekstra dan ketekunan mempelajari berbagai kebiasaannya bergerak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Lensa yang terlalu panjang tidak efektif mengikuti gerakan anak.
  2. Usahakan berada di tempat yang cukup luas dan terang seperti teras atau halaman.
  3. Anak biasanya memiliki gerakan tubuh, gaya, dan ekspresi yang unik. Saat mereka asyik bermain kehadiran kita tidak banyak mempengaruhinya. Dengan demikian kita banyak memiliki kesempatan membidik berbagai ekspresi yang menarik, baik secara individu maupun bermain berkelompok.
  4. Kita perlu berkonsentrasi terus karena mereka sering membuat gerakan yang menakjubkan yang menawan secara tiba-tiba.

Untuk belajar fotografi, kata Makarios, tidak perlu bersusah payah melakukan perjalanan jauh mendapatkan subyek yang menarik.

  1. Kita bisa memotret berbagai obyek yang berada di sekitar kita. Kita dapat belajar bagaimana bergeser mencari sudut pandang yang berbeda, mengunakan cahaya atau kita hanya mempertimbangkan bentuknya saja untuk direkam menjadi gambar akhir.
  2. Daya tarik lainnya untuk obyek pemotretan seperti kehidupan sehari-hari; pasar, bekerja di sawah, panen, nelayan, dan berbagai kesenian rakyat lainnya.
  3. Bangunan tradisional dengan keunikan bentuk, hiasan/ornamen, dan tata letak. -ast

(Sudah dimuat di Koran Tokoh, Edisi 504, 7 September 2008).

Aku juga susah banget motret Bintang, keponakanku ini. Lihat saja gayanya.......

3 komentar:

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Iya wir,motret wanita cantik mesti menarik kok..meskipun baru bangun tidur dan belum mandi..hihi..Wanita cantik memang anugerah. :D

Tony mengatakan...

thank tipsnya sangat bermanfaat

Muhammad Qori mengatakan...

SAYANG ANE GAK PUNYA KAMERA DIRUMAH,HEHEHE