Jumat, 20 Februari 2009

Memilih Air Kemasan yang Aman

AIR adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan ini, maka seluruh proses metabolisme dalam tubuh manusia dapat berlangsung dengan lancar. Kini marak beredar air dalam kemasan. Tidak semua air minum dalam kemasan layak dikonsumsi. Bisa saja air tersebut tercemar zat-zat tertentu. Menurut Ahli Gizi dari Poltekkes Denpasar Badrut Tamam beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih air dalam kemasan adalah:

  1. Pada dasarnya air yang sehat untuk diminum, secara fisik tak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa tertentu.
  2. Air tersebut juga tidak mengandung mikroba patogen dan secara kimia tidak mengandung logam berat.
  3. Telitilah penampilan fisik air minum dalam kemasan, masih bagus atau tidak. Pastikan tidak ada semacam lendir/jamur didalamnya. Tanda ini adalah indikasi air sudah tercemar.
  4. Pilihlah produk air kemasan yang mencatumkan label untuk mengetahui kandungan dalam air kemasan tersebut.
  5. Apakah tercantum alamat produsen, komposisi, proses yang dipakai untuk sterilisasi, dan petunjuk penyimpanannya.
  6. Cek juga keutuhan segelnya.
  7. Jangan membeli air minum dalam kemasan di sembarang tempat. Bisa saja penyimpanannya di tempat yang lembab atau sering terpapar sinar matahari.
  8. Jika Anda sudah membelinya simpanlah di tempat yang sejuk dan terlindung dari cahaya matahari. -ast

9 komentar:

boykesn mengatakan...

Tips yang berguna bagi seluruh masyarakat perkotaan, sebab masyarakat di perkotaan agak sulit mendapatkan air bersih. Berarti harus membeli air kemasan.

ABDEE NEGARA mengatakan...

wah.. bertepatan ya..? posting air minum.. hehehe.. mantap juga infonya mba... indahnya berbagi... tengkyu...

Andri Journal mengatakan...

Yg dimaksud air kemasan di sini berarti air putih kan?Mizone,vitazone etc gak termasuk dong.Kan mereka berasa. :)

wirati mengatakan...

@buat abdee negara:
gimana kabrnya?
heheh iya tuh bagus kan, banyak info

@buat boykesn:
makanya krn sulit mendapatkan air bersih, byk yg beli air kemasan. jaid mesti ati-ati.
tunggu postingan artikel berikutnya tentang air lebih seru lagi ayh, heheheh sabar gitu

@Buat Andri:
weleh pak dokter tar aku cek lagi yah

rumah lina mengatakan...

bagus ni mbak, tnyt beli di asongan bisa jadi gak bagus kualitasnya ya... untung gak ada asongan disini hihihi

DzN mengatakan...

Tips yang baguz nih.
Ngomong2 klo air yang dicelupin batunya Ponari aman gak ya? Hahahaha...

wirati mengatakan...

@buat rumah lina:
heheheheh, asongan banyak mah di sini, masa disitu gak ada???

@buat Dzn:
hahhahhh, waduh, kalo itu aku ga ahu sih....
tapi serem jga sih, kan air comberan katanya, hehheheheh

Erik mengatakan...

Jadi kalau beli yang di asongan, mesti hati hati ya

Prof. mengatakan...

Tips memilih air dalam kemasan :
1. ku sering beli Fresh Tea aroma melati (bukan ngiklan), sehat gak yah..?
2. Berarti harus bawa mikroskop/lab dunk tuk ngecek pra pembelian?
3. Penampilan memang selalu menjadi pemikat pada pandangan pertama
4.di Label, produsen bisa nulis bo'ong gak?
5. Seharusnya dicantumkan pula no.telp untuk pengaduan
6.Yup, siapa tau minuman dah dibuka 'n dicicipi ma penjualnya
7. Paling aman beli ar minum kemasan dari klkas sendiri, jadi tau sejarah "hidup"nya
8. Jika anda sudah membelinya, maka minumlah air itu. beli air kemasan karena haus kan...??