Selasa, 17 Februari 2009

Open House FK Unud

Fakultas Kedokteran (FK Unud) adalah fakultas favorit di lingkungan Universitas Udayana. Hal ini dapat terlihat dari tingginya peminat yang mendaftarkan diri untuk dapat diterima sebagai mahasiswa FK Unud, termasuk calon mahasiswa dari Malaysia. Sebagai institusi yang mengedepankan kualitas, FK Unud berusaha menjamin keterbukaan informasi termasuk kejelasan tentang proses rekrutmen, proses belajar mengajar dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan masyarakat.

Keterbukaan informasi ini diharapkan dapat mengurangi distorsi informasi yang terjadi di masyarakat, terutama tentang proses rekrutmen, pembiayaan kuliah dan beberapa kebijakan dalam proses pendidikan di FK Unud.
Strategi yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut adalah mempertemukan secara langsung pengelola fakultas dengan peminat atau para calon mahasiswa, penyampaian informasi penting secara jelas melalui pameran dan pengenalan kegiatan-kegiatan yang ada di FK Unud. Strategi ini akan dikemas dalam bentuk kegiatan “Open house” Fakultas Kedokteran Unud, Sabtu 21 Pebruari 2009.

Open house FK Unud adalah rangkaian kegiatan yang terdiri dari pameran pendidikan, pengenalan kegiatan kemahasiswaan dan diskusi antara pengelola fakultas dengan peminat FK Unud, baik siswa maupun orang tuanya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kejelasan informasi dan memberikan gambaran secara utuh kegiatan pendidikan di FK Unud. Kejelasan informasi ini akan memberdayakan calon siswa dan bahkan orang tuanya sebelum memasuki jenjang pendidikan tinggi. Pemberdayaan ini termasuk memberikan wawasan dan pengetahuan sebelum mereka melakukan pilihan sehingga pilihan untuk masuk FK Unud merupakan pilihan cerdas yang dilakukan berdasarkan pertimbangan yang matang.

Tujuan Kegiatan
  1. Memberikan informasi kepada masyarakat umum dan peminat FK Unud tentang proses rekrutmen, proses belajar mengajar dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di lingkungan FK Unud.
  2. Memberikan kesempatan kepada masyarakat dan peminat FK Unud untuk mendapatkan kejelasan atas berbagai distorsi informasi dari pengelola fakultas secara langsung.
Jenis kegiatan
  1. Pameran pendidikan. Pameran pendidikan akan memberikan informasi kepada pengunjung tentang proses rekrutmen mahasiswa, termasuk proses penerimaan melalui PMDK, proses seleksi dan penerimaan melalui jalur khusus; pameran tentang proses belajar mengajar di FK Unud, terutama setelah diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi dalam pendidikan dokter; dan pameran tentang kelulusan dan prosesnya serta peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan FK Unud.
  2. Diskusi terbuka dengan pimpinan fakultas. Diskusi akan dilakukan secara terbatas antara pengelola fakultas atau pimpinan dengan pengunjung yang berminat. Diskusi akan dipandu moderator dan memberikan kesempatan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dari pihak pengelola fakultas tentang berbagai isu yang berkembang di masyarakat terkait pendidikan kedokteran di FK Unud.
  3. Pengenalan kegiatan kemahasiswaan. Pameran tentang kegiatan mahasiswa akan memberikan informasi tentang kelompok kegiatan yang ada di FK Unud termasuk kelompok ilmiah, pers mahasiswa, dan kelompok bantuan medis serta kelompok lainnya. Pengunjung diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang informasi tersebut.

8 komentar:

Erik mengatakan...

Acara yang sangat bagus sekali, masyarakat dan terutama pelajar SMA jadi lebih tau seluk beluk FK-nya

gus mengatakan...

waduh. kok aku kangen sama obrolannya yang nulis blog ini yak....hiks

Andri Journal mengatakan...

FK UNUD mengenal penerimaan mahasiswa baru lewat jalur swadana gak sih?Itu lho,yg pake uang muka ratusan juta rupiah. :)

wirati mengatakan...

@buat erik:
makasi lagi deh mas erik,


@buat gus:
ehheheh kangen jga tuh, aku udah langsng ke TKP

@buat Andri:
wah kalau yg itu si ga ada, kali off teh record yachhh, gak tahu.....

ifoell mengatakan...

Sukses ya buat acaranya....
ngga m ikutan kontes blog hakimtea.com..?? menarik banget hadiah2nya

Brigadista mengatakan...

kereeeen,..kereennn dan pasti seru ya acaranya???

boykesn mengatakan...

hmmm..kegiatan sosialisasi yang menarik, sepertinya FK hanya bisa dinikmati turun menurun karena biaya yang sangat luar biasa, kalaupun peminatnya bukan dari keturunan, itupun karena peminat yang sudah berkelebihan.

wirati mengatakan...

@buat ifoell:
hehehehe wah kayaknya menarik th, langsung ke TKP deh

@buat Brigadista:
keren dan seru deh pokoke, hehehhe

@buat boykesn:
yah, mereka mau buat gebarakan baru nih, kyaknya, salut dechhhhh