Sabtu, 13 Desember 2008

Kiat Cetak Anak Cerdas dan Berkualitas

ANAK adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa. Anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosial. Bagaimana kita mau memperlakukan anak kita? Untuk mendapatkan anak yang cerdas dan berkualitas beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Jika banyak dicela maka anak akan biasa menyalahkan.
  2. Jika banyak dimusuhi maka anak akan belajar menjadi pemberontak.
  3. Jika hidup dalam ketakutan maka anak akan selalu merasa cemas.
  4. Jika sering dikasihani maka anak akan belajar meratapi nasibnya.
  5. Jika dibesarkan dalam olok-olok maka anak akan menjadi seorang pemalu.
  6. Jika dikelilingi rasa iri maka anak tak akan pernah puas dengan apapun yang ia miliki.
  7. Sebaiknya besarkan anak dalam pengertian maka ia akan tumbuh menjadi orang yang penyabar.
  8. Jika senantiasa diberikan dorongan maka anak akan berkembang dengan percaya diri.
  9. Jika dipuji maka anak akan berbiasa menghargai orang lain.
  10. Jika tidak banyak dipersalahkan maka anak akan senang menjadi diri sendiri.
  11. Jika dibesarkan dalam kejujuran maka anak akan terbiasa melihat kebenaran.
  12. Jika ditimang tanpa berat sebelah maka ianak akan besar dalam nilai keadilan.
  13. Jika dibesarkan dalam rasa aman maka anak akan mengandalkan diri dan mempercayai orang lain.
  14. Jika tumbuh dalam keramahan maka anak akan melihat dunia ini sungguh indah. -ast

Imbauan dan Harapan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Bali

6 komentar:

Erik mengatakan...

iya Rathi, kalimat ini banyak dipasang di depan kapar periksa dokter kandungan.

Aku copy ya, mau aku tempel dirumah.

adinata mengatakan...

walah .. saya book mark ya, buat mencetak anak saya, anak saya dah mulai teriak teriak kalo keinginannya gak di turutin :D

wirati mengatakan...

@buat Erik:
Ok deh silakan aja, smeoga bermanfaat

@buat adinata:
he.he.he.he.he. waduh kok gitu yah sia dikkkk
jangan dong dik, kasihan mama tuh, he.he.he.he.he.

Lyla mengatakan...

wah... mbak postingannya bagus nih.. bermanfaat banget :)

gus mengatakan...

waduh belom punya anak dah nyiapin artikel buat ngrawat anak neh....hemmmm

info resep mengatakan...

kalo anak dibiasain diturutin apa maunya, anak itu pasti jd egois, mau menang sendiri.
kalo anak dibiasin liat kekerasan, si anak pasti niru, ky smekdon itu lo..kan pernah ada kejadian sampe meninggal.