Jumat, 05 Februari 2010

Tips Memilih Kamera Digital

Pasar kamera digital sangat progresif. Kemajuan teknologi dan fasilitas kerja yang ditawarkan pabrik pembuat kamera sangat beragam dan canggih. Bagaimana memilih kamera digital sesuai kebutuhan?

- Untuk dokumentasi kegiatan pribadi atau keluarga pilih kamera yang ringkas, ringan, dan kecil. Banyak jenis kamera saku yang cocok. Kita dapat memilih kamera saku dengan resolusi sensor 7-8 megapiksel. Kamera ini sangat baik pada kondisi cahaya cerah siang hari di alam terbuka. Kamera ini juga dilengkapi lampu kilat bawaan untuk digunakan jika kondisi cahaya remang-remang atau gelap. Kekuatan cahayanya terbatas, umumnya hasil fotonya cukup baik pada jarak 1,5 – 3 meter. Lebih dari itu fotonya akan terekam makin gelap. Pilih kamera yang tahan cuaca. Tapi harus diingat, kamera ini hanya tahan cipratan air, tidak boleh kecemplung atau terendam. Lebih aman jika memilih kamera yang tahah air yang bisa di bawa berenang dan memotret di dalam air.

- Untuk membuat gambar ilustrasi laporan, artikel atau brosur kita dapat menggunakan kamera ringkas (promuser) yang berkualitas baik, dan memiliki fasilitas kendali yang dapat menunjang bekerja lebih kreatif. Kategori kemampuan kamera sedang sampai tinggi, dengan resolusi 8 megapiksel ke atas yang dilengkapi kendali pengaturan pencahayaan yang lengkap. Biasanya juga tersedia tambahan berbagai program pencahayaan khusus seperti potret, landscape, sport. Tersedia juga fasilitas foto makro yang digunakan membidik benda kecil dengan hasil memuaskan. Perlu disiapkan dudukan lampu kilat tambahan untuk membidik ruangan besar, atau foto makanan.

- Untuk kualitas tampilan gambar yang optimal seperti foto perkawinan, presentasi bisnis, atau mendapatkan foto potret yang lebih ekspresif dan lebih segar kita membutuhkan kamera yang mampu menghadapi berbagai kondisi kerja. Kita dapat memilih kamera digital refleks lensa tunggal (Digital Single Lens Reflex/DSLR kamera). Kamera ini memiki sistem lensa yang dapat dilepas tukar (interchangeable) sehingga dapat menghadapi berbagai kondisi pemotretan baik jarak maupun lebar ruang pandang. Pada kamera tersedia berbagai fasilitas mulai dari pengaturan cahaya manual, otomatis prioritas diafragma, otomastis prioritas rana, dan pengendalian program. Tambahan program pencahayaan khusus seperti potret, landscape, sport, beach, night shoot. Juga tersedia penajaman fokus yang bisa dipilih otomatis atau manual. –ast

Sumber:
Buku “Fotografi Digital Artistik”
Makarios Soekojo
Pengajar Fotografi Digital dan Fotografer Senior

Edisi 577, 31 Januari s.d 6 Februari 2010

1 komentar:

Indra mengatakan...

mantab...
referensi membeli kamera..