Rabu, 30 April 2008

Ayam Betutu Gilimanuk


Makanan tradisional Bali yang sangat terkenal adalah Ayam Betutu. Ayam betutu dengan ciri khas pedas adalah Ayam Betutu khas Gilimanuk. Namun, bukan berarti Anda harus pergi ke Gilimanuk Jembrana jika ingin menikmati kelezatan masakan ini. Di Denpasar banyak warung yang menyajikan Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Salah satunya, Guntur Food Centre yang beralamat di Jalan Merdeka Renon Denpasar.

Pemilik warung makan ini sudah tidak asing lagi, dia adalah A.A. Oka Suci, pelawak Bali yang eksis malang melintang dalam usaha biro perjalanan. Bahkan warungnya ramai dikunjungi tamu asing dari travel bironya. Bumbu Ayam Betutu khas Gilimanuk ini sangat special karena bumbunya hasil racikan istrinya tercinta. Namun, bagi tamu yang takut pedas, ayam betutu ini biasanya digoreng, dan disajikan bersama plecing dan kacang tanah goreng.

Tips dari A.A. Oka Suci :
Bumbu sebaiknya ditumbuk bukan diblender, agar lebih menarik selera tidak seperti bahan jamu/boreh. Gunakan minyak kelapa asli, karena rasanya lebih mantap dan lezat.
Bagi masyarakat lombok yang ingin mencicipi kelezatan ayam betutu khas Gilimanuk ini tidak usah bingung, sejak 28 Februari 2007 telah dibuka di Jalan Pejanggik Cakranegara Lombok. Dengan kapasitas tempat 45 orang, Oka Suci berharap menjadi alternatif bagi masyarakat Lombok yang ingin mengadakan pertemuan, atau arisan sambil menikmati lezatnya ayam betutu khas Gilimanuk ini. –ast

Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Bahan:
1 ekor ayam kampung/bebek
Bumbu :
Bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunir, kencur, kemiri, cabe merah, cabe rawit, terasi, garam, jeruk nipis, minyak kelapa asli/tandusan.

Cara Pembuatan :
Semua bumbu dihaluskan, kecuali jeruk nipis. Ayam/bebek dibersihkan, kemudian rebus dengan kuranglebih 2 gelas air sekitar 1 jam. Masukkan bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan air jeruk nipis dan minyak kelapa asli secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata, rebus sampai air meresap dan daging ayam/bebek lunak (kira-kira 1 jam lagi). Untuk daging bebek waktu untuk merebus lebih lama (1 ½ - 2 jam).
Ayam betutu khas Gilimanuk ini disajikan dengan sambal matah, plecing kangkung dan sambal terasi. Agar terasa lengkap, sajikan kacang tanah yang digoreng. Ciri khas masakan ini rasa pedas dan dagingnya yang empuk.
Satu ekor ayam betutu Gilimanuk untuk 4-5 orang.

Bebek Goreng
Bahan
:
1 ekor bebek
Bumbu :
Bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunir, kencur, kemiri, cabe merah, cabe rawit, terasi, garam, minyak kelapa asli/tandusan.
Cara Pembuatan :
Semua bumbu dihaluskan. Bebek dibersihkan, kemudian rebus sebentar angkat. Balurkan pada daging bebek bumbu yang sudah dihaluskan tadi, diamkan kira-kira ½ jam. Goreng bebek hingga berwarna coklat kekuningan.
Hidangan bebek ini disajikan bersama mentimum, kol dan sambal asam manis.
Sambal asam manis :
Cabe rawit, lombok merah, garam, terasi, tomat diulek. Tambahkan sedikit gula. Tumis sebentar.
Tips dari A.A. Oka Suci :
Untuk menghilangkan bau amis pada bebek, gunakan air jeruk nipis sebagai bahan baluran pada daging bebek dan pere ( jenis bumbu).
Dengan kapasitas 60 orang, warung ini sangat cocok untuk acara rapat atau pertemuan keluarga. -ast

3 komentar:

Ady gondronk mengatakan...

mmmmm..jadi lapar....
semua artikelnya makanan semua..
pasti hoby masak ya...!!
calon ibu rumah tangga yg tepat.hehe. :lol:

Budi HP mengatakan...

Ada resep bahan pokoknya tahu dan tempe?

adhie mengatakan...

berkunjung pas lg lapar ehh baca artikel kayak gini..jadi banjir air liur dech...!!!!