Minggu, 10 Februari 2008

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

KARTU kredit bagai pisau bermata dua. Jika digunakan secara bijaksana dan disiplin, akan banyak gunanya. Tapi bisa mencelakakan kalau digunakan secara kurang hati-hati, tak terkontrol. Menurut Buku 333 Tips Solusi Hemat Anggaran Keluarga karya Undang H. Halim beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Bayarlah cicilan kredit dengan jumlah lebih besar dari pembayaran minimumnya untuk mengurangi beban bunga kredit Anda. Idealnya, bayarlah tagihan utang kartu kredit Anda setiap bulan setelah berbelanja. Bila Anda membayarnya masih dalam grace period (periode antara penggunaan kartu kredit dan jatuh tempo tagihan; antara 25 sd 30 hari), maka Anda akan terbebas dari biaya bunga.
  2. Sebaiknya Anda cukup memiliki satu buah kartu kredit saja. Kalau Anda memiliki bisnis, mungkin cukup berguna kalau memiliki lebih dari satu kartu.
  3. Bawalah kartu kredit hanya jika Anda telah berencana untuk berbelanja atau melakukan transaksi. Hal ini mengurangi resiko belanja tanpa perencanaan atau risiko kehilangan dompet Anda.
  4. Jangan terlambat membayar tagihan. Jika Anda terlambat membayar tagihan, Anda bisa kaget bila mengetahui dendanya. Jangan membiasakan punya saldo utang tiap saat dari bulan ke bulan. Saldo utang akan terus terbebani bunga yang sifatnya bunga berbunga. Bila pemakaian Anda tak terlalu besar, lunaskanlah dulu.
  5. Jangan menunda klaim. Periksalah laporan kredit Anda setiap bulan. Bila ada angka yang meragukan, tak dikenal, segera adukan ke perusahaan pengelolanya. Jangan ditunda-tunda. Jangan sampai kena blokir.
  6. Buatlah anggaran pengeluaran yang ketat. Berusahalah sekuat mungkin untuk membayar semua utang Anda dengan benar. Janganlah sampai nama Anda diblokir dan dideretkan dalam black list. Sekali Anda masuk ke dalam daftar hitam, Anda akan sangat sulit mendapatkan kartu kredit atau mendapat pinjaman dari perusahaan lainnya. -ast

    Sudah dimuat di Koran Tokoh, Edisi 475, 10-16 Februari 2008

2 komentar:

Pucca mengatakan...

hai wirati..salam kenal ya..kalo kartu kredit gua punya banyak hehe, tp untung blom pernah nunggak hehe :P

obat kuat mengatakan...

obat kuat paling berkhasiat , dapat mengatasi impotensi dan meningkatkan gairah, multi orgasme