Sabtu, 19 Januari 2008

Kiat Sehat Bagi Lansia

MENJADI tua adalah proses alami yang tak mungkin dihindari. Bagaimana menjaga kesehatan agar tetap sehat di usia lanjut usia?
Menurut Psikiater FK Unud Prof. L.K. Suryani beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Untuk memudahkan bagi para lanjut usia bergerak sebaiknya bentuk tempat tidur, kursi, pintu, jendela dibuat sederhana, kuat dan mudah dipergunakan. Bila perlu diberi alat bantu yang memudahkan untuk berjalan, bangun, duduk dan sebagainya. Hal tersebut sangat penting untuk menambah rasa aman mereka dan memperkecil bahaya.
    Kamar tidur hendaknya punya ventilasi yang baik.
  2. Bentuk kamar mandi khusus, misalnya bak kamar mandi tidak terlalu dalam, tidak menggunakan tangga atau tanjakan. Demikian pula jamban hendaknya dibuat agar mudah digunakan dan pada dinding ada pegangan. Lebih baik gunakan kloset duduk.
  3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan. Minum susu untuk kesehatan tulang.
  4. Konsumsi vitamin. Menjaga kesehatan tubuh tidak cukup dengan makanan sehat dan bergizi, perlu ditambah dengan minum vitamin. Penambahan asupan nutrisi diharapkan dapat mencukupi kebutuhan gizi yang tidak dapat dipenuhi oleh makanan sehari-hari.
  5. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisiknya. Olahraga yang murah dan praktis adalah jalan pagi, dan senam pernapasan.
  6. Kembangkan hobi seperti membaca, melukis, menyulam, berkebun, menyanyi, menari, pesantian dan sebagainya.
  7. Lakukan rekreasi. Merupakan pandangan yang keliru jika ada yang menganggap bahwa lanjut usia tidak perlu lagi rekreasi, karena rekreasi diperlukan untuk ketenangan dan menambah kegairahan hidup.
  8. Meditasi relaksasi. -ast

    Sudah dimuat di Koran Tokoh, Edisi 472, 20-26 Januari 2008

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak, salam kenal yach. Maju terus deh