Senin, 14 Januari 2008

Sehat dan Rileks dengan Scrub dan Aromaterapi

AWAL tahun mulai dengan penampilan baru. Ingin kulit lebih halus, sehat dan relaksasi lakukan scrubing dan aromaterapi. Scrubing adalah penyikatan, pembersihan dan pemijatan kulit. Sebelum scrubing beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Persiapkan bahan dalam wadah bersih.
  2. Pemijatan dilakukan dengan arah jantung, gunakan telapak tangan pada daerah luas dan jari jemari pada daerah yang sempit.
  3. Pengurutan pada bagian wajah , tekanan 30% memutar, pada dahi ke arah kepala. Mencegah keriput, penekanan khusus pada daerah segitiga, hidung dan bawah mata. Jangan lupa daun telinga, bagian leher, belakang telinga diurut tarik ke bawah pusat jantung.
  4. Pengurutan pada lengan dan jari jemari dilakukan penekanan lebih ringan kecuali pada bagian paha, pinggul, pada daerah timbulnya selulit penekanan dilakukan lebih kuat dan berulang-ulang untuk mencairkan timbunan lemak.
  5. Penyikatan pada kulit dapat dilakukan seminggu sekali, kulit kita berganti tiap 25 - 27 hari.Rawatlah kulit dengan bahan alami, agar awet muda dan cantik.
  6. Selalu makan makanan yang bergizi karena berpengaruh pada kesehatan kulit.Contoh bahan scrub : bengkoang, alpokat, coffee scrub, lulur scrub, green tea scrub.

Aromaterapi adalah penyembuhan dengan pemakaian minyak asiri murni yang disuling dari berbagai tumbuhan seperti bunga, daun, akar dan kayu yang banyak terdapat di Indonesia. Penguapan minyak asiri dapat dilakukan dengan :

  1. Menguapkan air yang diteteskan minyak asiri dengan tungku pemanas atau langsung pada air panas dalam wadah.
  2. Meneteskan minyak asiri pada sapu tangan atau pakaian.Pemijatan dapat dilakukan dengan massage oil yang dibuat dari biji-bijian, akar-akaran dan kayu-kayuan. Rendaman dapat dilakukan dengan bath oil, asiri dilarutkan dalam air mandi, rempah-rempah direbus untuk berendam atau garam yang telah beraroma asiri.

Contoh :

  • Lavender untuk menenangkan, rasa nyaman, mengurangi sakit kepala, stress, insomania, menghaluskan kulit terbakar.
  • Cengkeh untuk keseimbangan emosi, menghangatkan, infeksi ringan, memperlancar saluran pernafasan.
  • Jasmine untuk menyejukkan, keseimbangan pikiran, gairah seksual, kehangatan, dan relaksasi. -ast


Sudah dimuat di Koran Tokoh, edisi 469, 30 Desember - 5 Januari 2008

Tidak ada komentar: