Jumat, 11 Januari 2008

Tipitakadhara Buka Pameran Buddhis

DUA Bhikkhu yang bergelar tipitakadhara asal Myanmar hadir di Vihara Buddha Sakyamuni, Selasa (4/12). Kedatangan tipitakadhara Bhikkhu Thondara (52) dan Bhikkhu Eindapala (47) ini dalam rangka roadshow Dhamma Indonesia Kronologi Hidup Budddha. Acara ini dihadiri ribuan umat Buddha di seluruh Bali. Saat penyambutan tipitakhadara umat yang hadir berlutut dan beberapa orang terlihat melempar bunga sepanjang jalan yang dilalui kedua bhikkhu tersebut. Dalam vihara ratusan bunga kamboja disusun untuk dilalui kedua bhikkhu tadi.
Menurut Koordinator acara Erlina Kang Adiguna didampingi Ketua Magabudhi Bali PMd. Sudiarta Indrajaya, S.E. acara diisi dengan pameran dan perkenalan buku Kronologi Hidup Buddha yang berisi riwayat hidup lengkap Buddha Gautama. ”Buku ini ditulis bhikkhu Indonesia yang tinggal di Myanmar yakni Bhikkhu Kusaladhamma. Dia juga ikut dalam rombongan dua tipitakadhara tersebut,” ujarnya.
Pameran berlangsung sampai (22/12) diisi dengan pemutaran film buddhis, sejarah pembabaran buddha dhamma dari India ke Myanmar, peninggalan buddhis, center meditasi ternama di dunia, dan kehidupan bhikkhu dan masyarakat Myanmar.
Bhikkhu Kusaladhamma memberi ceramah ”Semangat Bodhisatta”. Bhikkhu ini pergi ke Myanmar untuk mendapatkan penasbihan dari Chanmyay Sayadaw dan belajar di International Theravada Buddhist Missionary University di Yangoon, dan meraih gelar sarjana Buddhadhamma dan dianugerahi sarjana ”Peraih Medali Emas” tahun 2004 oleh Pemerintah Myanmar.
Kedua tipitakadhara memberi ceramah dhamma dan menuturkan kisah perjuangan mereka dalam memindahkan segenap isi kitab suci Tipitaka yang tebalnya lebih dari 11 kali lipat kitab Injil ke dalam benak mereka. Selain itu mereka juga memberi pemberkahan untuk kesejahteraan umat Buddha dan Bangsa Indonesia.Tradisi menghafalkan tipitaka masih dilestarikan di Myanmar. Hingga kini tercatat ada sebelas tipitakadhara (tujuh orang masih hidup diantaranya dua orang yang datang ke Bali). -ast

Sudah dimuat di Koran Tokoh 9-15 Desember 2007

Tidak ada komentar: