Minggu, 12 Oktober 2008

Sehat dengan Cacing Tanah

CACING TANAH (lumbricus rubellus) dikenal sebagai penyubur tanah. Namun, cacing tanah telah dikembangkan menjadi suplemen makanan. Menurut Dr. Ir Luh Kartini, M.S., Dosen Fak. Pertanian Unud yang menemukan formula suplemen makanan yang diberi nama Lumbrimanan (LM) ini, selain berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh, cacing tanah sangat efektif mengatasi kelaparan tersembunyi atau kekurangan unsur mikro dan metabolisme tidak sempurna di dalam tubuh. Tidak ada efek samping, murni alami, tanpa bahan pengawet, dan diproduksi secara organik.

Kandungan dan khasiat cacing tanah:

1. Protein tinggi (80%) dan asam amino esensial lengkap serta mikronutrisi lainnya yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, regenerasi sel, mengganti sel yang rusak, meningkatkan trombosit dan hemoglobin darah, menyembuhkan penyakit kekurangan protein seperti demam berdarah, kaki gajah, busung lapar, dan penyakit kronis.

2. Cacing tanah mengandung enzim lumbrikinase yang dapat menormalkan metabolisme sel tubuh, gangguan mata, menaikkan hemoglobin darah yang menurun.

3. Arachidonic acid yang efektif sebagai penurun suhu tubuh pada demam akibat infeksi.

4. Enzim peroksidase dan katalase yang sangat efektif dalam penyembuhan penyakit degeratif seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan rematik.

5. Enzim selulose dan lignase yang sangat membantu proses pencernaan makanan.

6. Zat antibiotika penghambat berkembangnya kuman seperti salmonella typhimurium, escherichia coli, staphiyloccus a, bacillus c, dan listeria m., yang menyebabkan penyakit diare dan tipus.

Uji dalam 10 tahun terakhir ini suplemen makanan dari cacing tanah berkhasiat untuk :

1. Memulihkan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh serta vitalitas.

2. Menormalkan nafsu makan.

3. Menyembuhkan sakit kepala dan migren.

4. Melancarkan peredaran darah.

5. Meningkatkan hemoglobin darah dan anemia.

6. Menyembuhkan demam berdarah.

7. Menurunkan kadar gula penderita diabetes.

8. Mengobati penyakit saluran penapasan seperti influenza, batuk, asma, bronchitis.

9. Pengobatan penyakit pegal akibat badan letih dan rematik.

10.Menormalkan kelahiran bagi wanita hamil.

11.Menyembuhkan kaki gajah.

12.Menyembuhkan alergi, wasir, eksim, luka, dan sakit gigi.

13.Menyembuhkan hepatitis. -ast

(Sudah dimuat di koran Tokoh, Edisi 509 tanggal 12 Oktober 2009)




13 komentar:

Blogger Addicter mengatakan...

yang ini tdk usah diragukan lagi..merupakan sumber protein..wekekek..

tapi ogah akhhh makannya..soalnya sugesti..hihihi..gimana getooo..hehehe..

Gilang Kinasihan mengatakan...

Hai, salam kenal!
kalo gag salah bisa ngebantu nurunin demam juga..

tapi serem ah kalo langsung dikonsumsi bentuk aslinya.. Kalo ada dalam bentuk kapsul ato tabletan gitu kayaknya masi ok :D

cheers!

dede mengatakan...

komen saya masuk gak ya?..

dede mengatakan...

anak saya kan ada asma, terus cacingnya di apain tuh, di goreng, di bakar apa di apain?..untuk obat apa cuma cacing aja? makasih ya? ditunggu jawabanya

AP mengatakan...

Serem....
Kalo inget cacing tanahnya bisa ngga jadi makan itu obat, tapi kalo ngga minum obat ngga sembuh, ibarat buah simalakama, he he he

Andri mengatakan...

Wir..Kalo untuk menambah protein dan meningkatkan hemoglobin aku mending mengkonsumsi bubur kacang hijau aja. :D Lha aku jijik je liat cacing kayak geto..hiii..

Kalo menurutku sih cacing enaknya buat mancing ikan aja.. :p

wirati mengatakan...

@Buat blogger addicter, dede, gilang kinasihan:

kini sudah ada cacing tanah dalam bnetuk kapsul. Itulah yang kini dipromosikan DR Kartini salah satu tokoh perempuan di Bali.
Kalau mau makan cacing segar akan lebih baik lagi apalagi untuk asma

wirati mengatakan...

@Buat Andri:
Wah kalau kacang hijau mah aku doyan. Tapi sudah terbukti kok, cacing ini mmapu menyembuhkan kanker payudara salah satu guru SD di Denpasar
Katanya juga bisa membuat daya seksual lebih mantap. wah...... gimana tuh driiiiiiii...............

wirati mengatakan...

@AP :
Yeah... mending makan cacing dibandign makan obat. selain mahal kan ada efek sampingnya. kalau cacing paling efek sampingnya jijik hehhhhe..h.ehehe..hehhe.......hehe..he..

febri mengatakan...

Jual cacing tanah (rubellus lumbricus) harga Rp 25.000/kg kapasitas 100 kg/minggu, melayani eceran dan partai
Jual jangkrik harga Rp 45.000/kg kapasitas100 kg/minggu, melayani eceran dan partai

Pemilik : Sudjatmiko
Phone : 081586297454
E-mail : jatindra_farm@yahoo.com
Lokasi Farm : Jl. Merdeka no.18, LK.10, RT.03, RW.02, Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur
website: http://jatindra.awardspace.com

Joko mengatakan...

Wah...gimana memulainya ya ??? sebenernya sih pengen makan cacing juga nih..tapi artikel ini keren banget ..membuka peluang usaha besar lagi ...good luck..

obat kuat mengatakan...

obat kuat paling berkhasiat , dapat mengatasi impotensi dan meningkatkan gairah, multi orgasme

Kursus Ternak Cacing Jogja mengatakan...

makasih infonya gan sangat membantu :)

Jangan Lupa Like Fanspage https://www.facebook.com/KursusTernakCacingJogja untuk mendapatkan info terbaru.

Artikel Terkait :
Cara Budidaya Cacing :
http://www.carainiitu.com/2014/07/cara-budidaya-cacing-dengan-media.html

Manfaat Cacing :
http://budidaya-cacing.blogspot.com/2012/12/manfaat-cacing.html

Hukum Halal / Haram Berobat Menggunakan Cacing :
http://budidaya-cacing.blogspot.com/2012/12/haramkah-berobat-dengan-cacing.html

Kursus Ternak Cacing :http://www.kursus-ternak-cacing.blogspot.com/